Identifikasi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Wanti Ariani Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Ishak Bagea Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nasir Nasir Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.303

Keywords:

kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah

Abstract

Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya, tidak ditentukan oleh keahliannya di bidang konsep dan teknik kepemimpinan semata, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam memilih dan menggunakan perilaku kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi orang yang dipimpinnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui identifikasi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan dampaknya terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan (orang yang diwawancarai) adalah satu orang kepala sekolah dan lima orang guru. Analisis data menggunakan prosedur interasis analisis, meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan.Hasil penelitian menemukan bahwa kepala sekolah dapat menggerakkan, mengarahkan dan membimbing bawahan dalam peningkatan kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman Shaleh. (2006). Oxford student’s dictionary of English, Oxford university press, 2001, H . 374 Abdul Rahman Shaleh, Psikologi dan Industri, (Jakarta: Lembaga penelitian UIN, 2006), H. 110. In Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Ashariyah, L. (2016). Perilaku kepemimpinan kepalah sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan (Studi Multi Kasus di SMPN 1 Tulung agung dan MTsN Tulungagung).

Hasan, S. (2018). Perilaku kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Peningkatan kinerja Guru di Smk Se-Kabupaten Boalemo. Rised Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03, 158–168.

Marsongko, M. H. (2009). kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Sekolah Di SD (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Sekolah Di SD Muhammadiyah Wonorejo Polokarto ). Sebelas Maret Surakarta.

Noormahmudah. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Seminar Nasional, 1(1), 133–146.

Rabadi. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Di SMA Negeri Blangkejeren.

Saepuloh, B. (2020). Tanggung Jawab Kepemimpinan. OSF Preprints, 1(Desember), 1–10. https://doi.org/10.31219/osf.io/pk4cz

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84.

Somad, D. J. P. dan R. (2014). Peran, Fungsi dan Tanggung Jawab kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompotensi guru. Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, 13–40.

Sumarno. (2009). Pengaruh Kepemimpinan Kepalah Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Negeri Semarang.

Published

2021-07-23

How to Cite

Ariani, W., Bagea, I., & Nasir, N. (2021). Identifikasi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 102-112. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.303