Islamic Personality Development: The Key to Success in New Student Admission at Integrated Islamic Junior High School

Authors

  • Lilis Kholisoh Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Wasiyem Wasiyem Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Heri Apriyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Siti Marotun Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Siti Nurjanah Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Siti Nur Saidahturrofiah Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v4i3.259

Keywords:

Islamic private development, integrated Islamic school quality standards, acceptance of new students

Abstract

SMP Islam Terpadu Bina Insan Kamil Sidareja telah menyoroti keunggulan dalam pembinaan kepribadian Islami melalui evaluasi diri. Pendidikan berbasis agama Islam telah diintegrasikan ke dalam kurikulum sebagai strategi untuk menjaga mutu kualitas lulusan. Fokus utama adalah penguatan bina pribadi Islami, melibatkan siswa, guru, dan karyawan. Evaluasi penerimaan peserta didik baru menunjukkan bahwa 25-30% orang tua memilih sekolah ini karena motif pembinaan keislaman. Penelitian kualitatif ini bertujuan menganalisis dampak pembinaan kepribadian Islami terhadap perubahan signifikan siswa dalam aspek keagamaan dan motivasi orang tua memilih SMP Islam Terpadu Bina Insan Kamil Sidareja. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, data diperoleh melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi program pondok pesantren. Hasilnya menunjukkan dampak positif penguatan bina pribadi Islami, dengan manajemen terintegrasi mendalam membedakan sekolah ini. Kesimpulan penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pembinaan kepribadian Islami dan kontribusinya pada perkembangan jumlah penerimaan peserta didik baru, memadati kebutuhan pendidikan Islam Terpadu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Conger, D., Long, M. C., & McGhee, Jr, R. (2023). Advanced Placement and initial college enrollment: Evidence from an experiment. Education Finance and Policy, 18(1), 52-73.

Hakim, A., Hafid, E., & Latif, M. (2023). PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN PRESTASI SANTRIWATI DI SEKOLAH PUTRI DARUL ISTIQAMAH MAROS. Nazzama: Journal of Management Education, 2(2), 173-188.

Hodson, D. (2020). Going beyond STS education: Building a curriculum for sociopolitical activism. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 20, 592-622.

Kuanine, M. H., & Afi, K. E. Y. M. (2023). Upaya Guru Menciptakan Lingkungan Yang Nyaman Melalui Manajemen Budaya Sekolah Yang Positif. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 01-14.

Mulyono, H., & Hadian, A. (2019, September). PILIHAN RASIONAL PERGURUAN TINGGI: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 2, No. 2, pp. 1051-1057).

Rachmawati, S., Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2021, December). Self-Efficacy: Literatur Review. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang(pp. 90-99).

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17-27.

Sari, W. I. P. (2023). Analisis Kepercayaan Orang Tua Terhadap Lembaga Formal Umum dan Formal Berbasis Agama islam (Studi Kasus di Dusun Bendo, Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta .

Sukino, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-18.

Thifana, A. R., Nur, N. L., Ningsih, S. H., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Meningkatkan Pendidikan Kebangsaan di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6027-6034.

Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.

Published

2023-04-27

How to Cite

Kholisoh, L., Wasiyem, W., Apriyanto, H., Marotun, S., Nurjanah, S., & Nur Saidahturrofiah, S. (2023). Islamic Personality Development: The Key to Success in New Student Admission at Integrated Islamic Junior High School. Journal of Education and Teaching (JET), 4(3), 383-395. https://doi.org/10.51454/jet.v4i3.259

Most read articles by the same author(s)