Pengelolaan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru

Authors

  • Junjun Ade Permana Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Alan Rusyadi Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Awang Kustiawan Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Lilis Kholisoh Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia
  • Maman Herman Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Galuh Ciamis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.167

Keywords:

administration of education, teachers working group, teacher professionalism

Abstract

The purpose of this study was to explore the management of the Teacher Working Group (KKG in Bahasa). It is important because through the KKG, teachers will gain teaching readiness, and the professional abilities of teachers and the quality of their performance. The research method used is descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation studies with informants consisting of school supervisors, principals, teachers, and the head of the KKG. The results showed that: the management of KKG in Cluster 3, Manonjaya District, Tasikmalaya Regency was optimal. Meanwhile, the professionalism of teachers is also increased.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Muh Wahyudin S. (2018). Evaluasi Program Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus VI Dukuh Kecamatan Cibungbulang kabupaten Bogor. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Alwi, Mijahamuddin. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio. Vol. 4 No. 2. 101-117

Ametembun. NA. (1974). Manajemen Kelas (Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru). Bandung: Sinar Baru.

Arsyad, Sulfemi. W.B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 4 No.2. 53-58

Arikunto. S, Suprijanto. E. (2016). Efektivitas Pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 9 No. 2. 141-150

A. Samana. (1994). Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.

Bogdan, Robert, C dan Biklen, Sari Knor. (1982). Quality Research for Education. Boston, Allyn and Bacon, Inc.

Bogdan, Robert, C dan Taylor. (1992). Riset Kualitatif untuk Pendidikan. Alih Bahasa oleh Munandir. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (1993). Peranan dan Fungsi Pusat Kegiatan Guru (PKG) dalam Sistem Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Depdikbud.

Ditjen PMPTK. (2010). Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP, Direktorat Profesi Pendidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional.

Effendi, Usman. (2018). Asas Manajemen. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

George R Terry. (2006). Asas-Asas Manajemen. Bandung : PT. Alumni.

Harmawati, K. Nurdin, Taqwa, S. Rustan, Masruddin. (2021). Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika. Vol. 10 No. 1. 3-4

Hasnah. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Islam Terpadu Al Azka. Jurnal Literasiologi. Vol.2 No. 2. 113-128

Naufalin. L. R, Dinanti A., Setiarso, Oke. (2016). Pentingnya Pelatihan Pengelolaan Administrasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Gugus RA Kartini Purwokerto Utara. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VI. Vol. 4. No. 1. 2-7

Moh. Uzer Usman. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Satori, Djam’an., dan Aan Komariah. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Mas. S. R. (2008). Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, Volume 5. Nomor 2, 2-10.

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Volume. 4 Number 1. 206-211

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/9a7yr

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: BalaiPustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Ade Permana, J., Rusyadi, A., Kustiawan, A., Kholisoh, L., & Herman, M. (2022). Pengelolaan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru . Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 171-184. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.167

Most read articles by the same author(s)