Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Umi Hatanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.121

Keywords:

Flipped Classroom, Media Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, WhatsApp

Abstract

The covid-19 pandemic period learning in the schools become online, but at SMA Muhammadiyah 5 Dukun learning is carried out online and face to face. The purpose of the study was to describe process and student learning outcomes after learning using the flipped classroom learning method with a scientific approach assisted by the whatsApp application in learning mathematics. This research was a quantitative study using a One Shot Case Study. The research was conducted in grade 10th of SMA Muhammadiyah 5 Dukun. The data collection methods used were observation, test, and questionnaire. The results of data analysis showed student activity in learning an average of 81.48% including active and moderately active categories. The implementation of learning by teachers with an average of 4.37 was in the good category. Student learning outcomes showed 81.48% of students declared complete KKM. Student responses to the process of implementing learning an average of 72% with positive category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farman, C. (2020). Pembelajaran flipped classroom berbantuan edmodo untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pythagoras. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang, 7(2), 92-100.

Hayati, R. (2018). Flipped classroom dalam pembelajaran matematika: sebuah kajian teoritis. Prosididng Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 496-502). Purworejo: UMP.

Holisin, I. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Didaktis , 5(3), 1-68.

Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Learning Practice in Mathematics Education Department of Universitas Muhammadiyah Surabaya During Covid-19 Pandemic. Proceeding International Webinar on Education 2020 "Adapting and Transforming The Activity of Teaching and Learning in South East Asian during Covid-19 Pandemic (pp. 64-70). Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Indriani, R. (2017). Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan contextual teaching and learning (CTL) di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 261-267.

Kemendikbud. (2014). Retrieved from https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN%20KEMENDIKBUD%20Nomor%20103%20Tahun%202014%20PEMBELAJARAN%20PADA%20PENDIDIKAN%20DASAR%20DAN%20PENDIDIKAN%20MENENGAH.pdf

Kemendikbud. (2020, Agustus 8). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran. Retrieved November 19, 2020, from covid19.go.id: https://covid19.go.id/p/protokol/penyesuaian-kebijakan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-19

Khairiyah, U. (2019). Respon siswa terhadap media dakon matika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 197-204.

Kholiq, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah. Surabaya: Skripsi Program StudI Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan blended learning menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom dalam pembelajaran matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8-19.

Munfaridah, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Retrieved from digilib.uinsby.ac.id: http://digilib.uinsby.ac.id/21340

Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan keterampilan menyusun instrumen hasil belajar berbasis modul interaktif bagi guru-guru ipa SMPN Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 107-112.

Ristanti, D. A. (2020, Juni 11). Memanfaatkan whatsApp untuk pembelajaran daring pada pandemi. Retrieved November 23, 2020, from www.radarsemarang.id: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/06/11/memanfaatkan-whatsapp-untuk-pembelajaran-daring-pada-pandemi/

Safytri, R. (2020). Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantu whatsApp group untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj). Retrieved from http://repository.upi.edu/51605/

Sari, N., Dewi Kartini Ompusunggu, V., & Daliani, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Google Classroom terhadap Proses Belajar Mengajar pada Mahasiswa PGSD Universitas Quality Selama Masa Bencana Pandemi Covid-19 . Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.6

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Media PowerPoint Ispring Pada Materi Jajargenjang, Layang-layang, dan Trapesium Di Kelas VII SMP. MUST: Jurnal of Mathematics Education, Science and Technology , Vol. 1(1), 57-68.

Ulya, M. R., Isnarto, Rochmad, & Wardono. (2019). Efektivitas pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan matematika realistik indonesia terhadap kemampuan representasi ditinjau dari self-efficacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika. II, pp. 116-123. Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Widyastuti, Dewanty, & Sujadi, A. (2018). Upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran flipped classroom di kelas XI SMKN 1 Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 83-90.

Published

2021-11-13

How to Cite

Hatanti, U., Holisin, I., & Suprapti, E. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 12-23. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.121