Metode Shared Reading dan Kemampuan Membaca Pemahaman (Studi di SDN Garatengah Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan)
DOI:
https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.12Keywords:
Metode Share Reading, Pemahaman MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode berbagi membaca terhadap kemampuan membaca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman membaca materi pokok cerita rakyat dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yakni: di bawah nilai KKM yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subjek penelitian kelas V SD Garatengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Garatengah Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, penulis mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel untuk siswa kelas V SDN Garatengah yang berjumlah 24 siswa saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (wilcoxon-test). Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai signifikansi 0,000 <0,05 maka Ha diterima artinya ada pengaruh pemahaman membaca siswa dengan menggunakan metode shared reading pada materi pokok cerita rakyat di kelas V SDN Garatengah.
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Purnamasari, Dewi. (2015). Perbandingan Efektivitas Metode Turnamen Membaca dan Metode Shared Reading Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Fiksi Anak. Antologi UPI. Tahun 2015, hal 1-8.
Santosa, Puji. (2009). Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Terbuka.
Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Agus Saeful Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.