Puzzle dan Problem Solving: Media dan Pendekatan untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sumarni Sumarni Universitas Puangrimaggalatung
  • Muhammad Amin SMP Negeri Alla Kabupaten Engrekang

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.67

Keywords:

Kinerja, Motivasi, Problem Solving, Puzzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving melalui media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Alla. Kriteria keberhasilan untuk partisipasi aktif apabila ada 15 siswa pada tiap indikator, sedangkan untuk hasil belajar apabila nilai yang diperoleh 25 siswa mencapai nilai minimal 70 yakni batas nilai KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan problem solving melalui media puzzle pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi aktif belajar siswa pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Branson Margaret. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta: LKiS.

Cholisin. (2004). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: Fakultas Ilmu sosial dan Ekonomi UNY.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan PT Renika Cipta.

Haryanto, H., & Indarto, W. . (2021). Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi “Menyampaikan Pidato Persuasif” Kelas IX-F Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020: in the Odd Semester of Academic Year 2019/2020. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2), 85-101. https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.49

John Sweller. (1999). Instructional Design in Technical Areas. Australia: ACER.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pasca Sarjana UPI dan PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siti Nurjanah. (2007). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Pokok Bahasan Pengerjaan Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Semester 1 SDN Perumas Krapyak 2001.

Slameto. (2010). Belajar dan Fakto-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipt.

Published

2021-03-04

How to Cite

Sumarni, S., & Amin , M. . (2021). Puzzle dan Problem Solving: Media dan Pendekatan untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa . Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 36-43. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.67